25 December 2013

Become a santri

1 comment

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

#PakeMukena


Okeeeh saat ini gua telah resmi menyandang gelar seorang "santri". Yaaaak, tepat tanggal tanggal 29 juni 2013 gua telah masuk pesantren. Dan pada hari itu juga, gua telah meninggalkan dunia luar yang fana ini, juga meninggalkan rumah sekaligus orang tua dan meninggalkal orang-orang tersayang. Memang sedih, apalagi ninggalin sahabat NGHT, ninggalin serial komik Naruto, Ninggalin Juventus,  dan Berita di tipi tipi. 

Sebelumnya udah gua prediksi, pasti gua akan jadi orang kudet nih kalo masuk pesantren. Tapi bodo amat laaah, emang kebanyakan orang-orang besar dan sukses, pasti jauh dari orang tua. Contohnya pak RT deket rumah gua dan yang laen laen.

Gua sekarang menetap di pondok pesantren modern Ummul Quro Al Islami atau kerap dikenal sebagai UQI, UQI adalah sebuah boarding school yang berstandar internasional, katanya. Wiiih bangga gua bro bisa sekolah yang berstandar internasional, biasanya kan gua sekolah yang berstandar dua. Lu kira motor? 

Sebelum sebelumnya gua sekolah harus mendaki gunung dulu, melewati lembah, melewati sungai yang ada buaya-nya kayak di pilem laskar pelangi. Belom lagi gua harus nyeker, terus kalo ujan  kakinya di bungkus pake plastik. Maka dari itu, sebagai orang ganteng, gua harus rela meninggalkan orang tua demi pendidikan. ApesihMed?

Tepat tanggal 29 juni 2013, hari paling bersejarah dalam kehidupan gua.  Bakal gua inget terus tuh tanggal.

Soalnya kenapa?!

Buseeeeeet, tanggal itu harusnya gua ambil rapot semester 2 di SMA, ehh gua malah 'kabur' ke pesantren. Belom lagi, pas orangtua gua pulang sehabis nganter gua,  gua LEMAAAAAH. Entah kenapa air mata di mata gua tercurah menderah begitu aja. 

Begini ceritanya : "pada suatu hari, aku lagi memakan sepiring indomie goreng rasa sambel ijo. Lalu, datanglah superman dengan jubah yang dikenakan di pundaknya. Superman itu datang menghampiriku. Aku ketakutan, aku gak kuat, dan akhirnya aku menangis" #Tamat

Naaah kaaaan, gils sedih banget.. Gua yakin pasti lu semua yang baca cerita diatas langsung nangis, atau mungkin lu semua bakal bunuh diri, atau lu akan mengganti kelamin lu. Entahlah, pikirkan itu dengan mateng mateng..E

hh tapi bener broo, gua nangis looh..  Setelah keluarga gua nganterin gua dan mau berpisah. Sebagaimana orang-orang ganteng yang telah terdahulu, sebelum berpisah. kita harus narsis duluuu..


    


Tibalah saat dimana kata 'perpisahan' muncul, air mata tak dapat terelakkan lagi sodara-sodara. Daaaaan akhirnya seusai mobil yangt dkendarai orangtua gue menjauh. Gua langsung berinisiatif secarta alami otw ke WC untuk nangisss. Yeeeaaaah, keren kan? udah kayak di pilem pilem korea. mungkin gua udah kayak Kim Bum, apa kayak Jackie Chan. l

Laaah iyaaaak, Jackie Chan dari korea bukan yaaaaakk? lah bodo amat laah


Seusai drama korea berlangsung, gua langsung caw menuju kamar. Kamar gua terletak di al haddad D-3. Gilaaa, akhirnya gua dapet bersosialisasi dengan manusia dari berbagai pulau di Indonesia ini. Contohnya Wahidin (nama sebenarnya) dan Juki (bukan nama sebenernya) asal Papua, Imam asal Lampung, Fadilah asal Banyuwangi, Agung pea asal Magetan, Abun asal Bogor, Rahmat asal Ambon, Alessandro del piero asal Italia, Lionel Messi asal Argentina, Ronaldo asal Portugal, dan laen sabagainya. 

Emang sih, pesantren gue bisa dikatakan kereen. Dari segi bangunan-nya, santrinya, ustadznya. Ada satu yang kurang keren menurut guaaa, yaps, makanan. Gua kasih tau ke kalian. Makanan khas santri adalah 'tempe balok' dan 'tahu piramid'. Gua bingung, kenapa namanya 'tempe balok' ama 'tahu piramid', Kenapa gak 'tempe trapesium', kenapa gak 'tahu jejar genjang' ajeee. karena bentuknya balok ama piramid BEGOO


2 hari kemudian setelah gua resmi jadi santri, diadakan tes pemilihan kelas. Jadi bagi santri baru yang nilainya bagusan 'dikit', akan ditempatkan di kelas unggulan, yaitu 1-PK A. Materi yang diujikan adalah : judi, tarung ayam, cara bercocok tanam yang baik, ama mancing. Untungnya gua jago disegala bidang. Akhirnya gua masuk kelas pk-A.

Belom genap seminggu gua di pesantren, pesantren gua ngadain PORSENI. PORSENI adalah ajang pentas seni agar para santri-santri baru betah di pondok. Passwordnya adalah, kalo gua ngomong 'santriiiii' lu semua jawab 'dari santri untuk negriiiiiii'. 

okeeeeh

'santriiiiiiiiiii'... 

'hening' 

wiiiiih, Kalian semua luar biasa *give sempak*. 


Pada saat porseni, gua akhirnya sadar. Ternyata anak-anak santri pada kreatip kreatip, salut dah ama santri. Apalagi santriwati-nyaaa, beeeeehhhh bikin ngiler broo. 

pembukaannya juga mengundang artis papan penggilesan.. kita sambut inilah dia :



eeehh kampreeet, ini salaaaah broooo... 
ini yang beneeeeeer :



Naaaah ini diaaaa, doi hadir dalam porseni XVIII. Doi sekaligus jadi Master of Ceremony (MC) dalam perhelatan PORSENI.

berikut cuplikan peristiwa-peristiwa yang terjadi : 
Hasil gambar untuk tabrakan

*laaaah, inimah peristiwa tabrakan med*


ehhhh sorry sorry, naaaah ini baru yang asli :



Satu haaal, yang gua kagum dari UQI adalah... There's a biggest mosque in Bogor. Ini diaa pleasee welcomeee :


Okeeeh, seminggu pun berlalu hidup di pesantren. Masuklah bulan Ramadhan. Bulan ramadhan di pesantren emang susah brooo, terlebiih gua adalah santri baru. Setiap shalat tahajud gua teringet ama NGHT ama keluarga mulu, bikin air mata menetes ke pipi, membanjiri pipiku yang halus ini. 

Apalagi kalo buka puasa, aduuuuh buka-nya cuma diumpanin roti yang seribuan ama teh yang seribuan juga. MANA KENYANG? Padahalkan orang seganteng gua gak level makan-makanan yang kek gitu. hahaha gadeng #mukaGanteng

Naah lanjut lagi daaaah. Belom lagi sahurnya coy. Tempe lagi. Tahu lagi. 

Jujur, selama sahur di pesantren, gua cuma makan 3 kali. gilaaaaaaa, untungnya gua orang ganteng. Orang ganteng mah kuat gak makan seumur iudp.. makanyaaa, bersyukurlah engkau menjadi ganteng med

Ohiyaaa, masalah mandi di pesantren juga kocak. Bujuuuut, mungkin bukan di pesantren gua aja, gua yakin semua pesantren kayak gini, kecuali pesantren rock n roll. 

Mandi di pesantren harus ngantri, ya kalo sepi sih kagak ngantri. Dan ngantrinya udah kayak mau ngantri minta tanda tangan guaa. Satu kata yang gua inget, dan sering diucapin santri ummul quro adalah "brother, are you finished?" / "akhi, intahaita?" mungkin kalo gua yang ngucapin kata ini gak masalah. Secaraaa, gua kan keturunan inggris. Tapi, kalo temen gua yang asalnya dari Madura. Sebut aja "Royan" (nama yang sebenernya), dia ngucapin kata itu dengan logat maduranya.. buahahahahah itu kocak, OVJ sampe kalah kocaknya.

Dan gua pun tau, apa itu 'kutukan santri'. Anak pesantren bersabda 'lu belom jadi santri, kalo lu gak kena jaroban (dibacanya jarban).. Gua sebagai orang yang lugu dan baik hati, tentunya selalu berpikir positif. Gua pikir, "dari asal katanya aja udaah keren 'jarban' waah, mungkin 'jarban' artinya 'JArang ketiBAN. Waaah iyaak nih, gak salah lagi"

Ehhh, ternyata salaaaah. Jaroban adalah nama lain dari scabies. Coba dah lu buka di mbah google "scabies".. 
gillllsss men, bisa metong gua kalo kek getong..

Ternyata benaar, gua melakukan penelitian seperti halnya propesor. yaak, gua adalah saudara dari jimmy neutron. Diam-diam gua jadi 'spy' tapi bukan 'spy kid'. Pada saat wudhu, otomatis orang ngangkat sarungnya, naah pada kesempatan itu, gua liat kaki, betis, dan sempaknya 'santri lama'. Dan terdapat bekas luka yang sudah menghitam dan masih bernanah. Ooohhhh tidak, hampir seluruh dari 'anak lama' mendapati kutukan itu..
woooooooooowowowowowo aku gak kuat dengan playbooooooooyyyy


 Ohh iyaaa men, di pondok gua juga di wajibin bahasa arab ama inggris

Bagi siapa yang kedapatan speaking by endonesia, bakal di hukum. Untung gua santri baru, jadi gak papa deh asal gak kenceng kenceng, ditambah lagi karena kegantengan muke gua.  Naah, bagi santri lama yang kedapetan tidak berbahasa akan di hukum. 

Gilllls bro, hukmannya parsss bet, antara lain; dibakar hidup-hidup, dicincang, direbus, digoreng, dijadiin kambing guling, diperkosa, dijelekin, dan paling parah, dijadikan tuyul/ bertransformasi menjadi tuyul.

3 minggu pun berlalu, hari yang gua tunggu tunggu akhirnya datang jugaaa, yaitu liburan. Akhirnya, pak KYAI pun ceramah sebelum perpulangan. Setelah ceramah KYAI, SKJ (surat keterangan jalan) pun dibagikan. Akhirnyaaaa, gua bebaaaaaaaaaaaaaaaaas dari hiruk pikuk kepesantrenan, gua pun pulang bareng searah dengan kawan-kawan gua : Kebo, Tebe, Kholid, Bocil, Toha.. Dan akhirnya kita hidup bahagia


dadaah

#LepasMukena
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

1 comment:

  1. santri kreatif :)
    beruntunglah kamu yang sewaktu masuk UQI terkagum2 dengan suguhan gedung2 tinggi yg indah nan menawan, zaman saya UQI blm seperti sekarang, jalanannya masih tanah becek jeblok banget kalo ujan pasti gak ada yang ga kepleset, lebih parah lagi kalo ujan deres malem2 selalu mati lampu sampe gabisa ngambil jatah makan malem karena gelap, kalo lagi waktunya makan pake ayam ngantrinya nauzubillah sampe ada yg pingsan2 wkwk, kelasnya masih berupa gubuk2 lusuh nan reot tapi waktu itu udah lg pembangunan kelas permanen sih. tapi tetep aja sedih kan, pasti sedih bangetlah pas detik2 ortu mau pulang itu rasanya kayak mau berpisah bertahun2, ga kebayang bakalan jalanin hari2 di pondok yang dulu masih sangat sederhana.
    cerita yang bagus :) lanjutin terus blognya, kembangin terus kreatifitasnya!
    salam kenal

    ReplyDelete